» » » » » » Berita Viral | domino online | poker online | dominoqq | Ini Klarifikasi Video Dugaan Pungli Oknum Polisi di Bogor

Berita Viral | domino online | poker online | dominoqq | Ini Klarifikasi Video Dugaan Pungli Oknum Polisi di Bogor

Penulis By on Tuesday, July 17, 2018 | No comments



Berita Viral - Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menyebut bahwa video viral di media sosial terkait adanya anggota polisi diduga melakukan pungli kepada pengendara adalah bohong (hoax).

Menurut Hasby, terdapat miss komunikasi yang terjadi antara perekam video bernama Pandu (32) dengan Kanit Lantas Polres Dramaga Ipda Lukito saat melakukan penindakan penilangan kendaaraan.

domino online - "Kita sudah melakukan pemeriksaan video tersebut, kita juga sudah mempertemukan kedua belah pihak. Disitu tidak ada transaksi uang atau pungli hanya perdebatan dan miss komunikasi," kata Hasby, di Mapolres Bogor, Jawa Barat, Senin (16/7/2018).


poker online - Kala itu, Ipda Lukito hanya memberi penjelasan terhadap Pandu terkait besaran denda tilang jika melanggar aturan berlalu lintas. Namun, penjelasan tersebut disalahartikan oleh Pandu yang merekam kejadian itu dengan ponselnya di sekitar Kampus IPB Dramaga Bogor pada Kamis 21 Juni 2018 lalu.

"Jadi, saudara Pandu melakukan pelanggaran. Lalu, yang bersangkutan nanya denda dan pak Lukito menyebut jumlahnya (Rp 80 ribu) bisa langsung ke bank. Namanya orang bertanya harus memberitahu. Jumlah itu kan, tergantung kebijakan dari pengadilan jadi pak Lukito hanya menyampaikan kira-kira nanti bayar segitu. Mungkin ada miss komunikasi, seolah harus membayar uang segitu di lokasi," paparnya.

Hasby pun memastikan bahwa video viral yang telah menyebar luas di media sosial tersebut tidak utuh seperti saat kejadian yang sebenarnya sehingga menimbulkan presepsi berbeda oleh masyarakat.

"Kenyataannya Ipda Lukito hanya memberitahukan dendanya sekian loh, dan kalau tidak percaya bisa langsung ke pengadilan. Kemudian setelah selesai itu, videonya tidak utuh sekitar 3 menitan dan yang bersangkutan tetap ditilang," pungkas Hasby.

Pihaknya pun masih terus melakukan penyelikan terkait ada atau tidaknya pelanggaran UU ITE dalam kasus ini karena menyangkut nama baik seseorang dan institusi Polri khususnha Satlantas Polres Bogor.

Sementara Pandu (32) meminta maaf jika video yang pernah direkamnya itu kembali muncul di media sosial sehingga menimbulkan perdebatan.

"Saya ingin mengklarifikasi video tersebut sudah lama dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan dengan Polres Bogor. Tidak ada pungli, hanya perdebatan biasa. Saya meminta maaf jika video itu membuat kegaduhan," ungkap Pandu.

Ia pun meminta kepada pihak yang telah kembali memviralkan video tersebut di media sosial segera menghapusnya. Selain tidak sesuai dengan kejadian yang sebenarnya, video tersebut juga dinilai sudah merugikan nama pribadinya dan instansi Polri terkait.

"Saya minta orang-orang yang mengupload videonya untuk segera dihapus. Karena saya secara pribadi saya juga dirugikan dan instansi terkait," tutup Pandu. - dominoqq

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya